SHOLAT TASYBIH

sholat tasybih adalah salah satu dari sekian banyak sholat sholat sunah (nawafil). walaupun hadits nya terbilang lemah akan tetapi ulama ahli hadits dan ahli fiqh sepakat akan bolehnya di amalkan. keterangan nya ada pada kitab as syargowi milik syekh as syarqowi syarah kitab tahrir milik imam zakariya al ansori.

beliau membedakan nya dari sholat roghaib dan sholat nifsu sya'ban yang sama sekali tampa dalil menurut beliau. (tentu saja semua ulama berpandangan sama dengan pandangan beliau) dalam kitab ini.

dalam kitab ini dijelaskan bahwa pekerjaan sholat yang agak beda dari sholat biasa tidak menjadi alasan keharaman nya. sebab hal itu datang dari dalil sama hal nya dengan sholat khusuf dan kusuf yang juga agak sedikit beda dengan lain nya dimana juga datang dari dalil.

kelemahan hadits nya pun tidak menjadi alasan keharama nya sebab dia adalah hadits dhoif dimana seluruh ulama ahli hadits dan ulama ahli fiqh sepakat akan bolehnya diamalkan dalam rangka fadloilul a'maal. tidak ada satupun dari ulama yang tidak memperbolehkan nya setelah memenuhi syarat syarat boleh nya di amalkan.

Sholat tasybih itu dilakukan empat rokaat dengan dua salam. Cara mengamalkan sholat tasybih adalah sama dengan sholat sholat yang lain cuma ada penambahan sedikit bacaan tasybih pada semua gerakan gerakan nya. sebagaimana berikut :

(a) setelah membaca surat alfatihah dan surat pendek setelah fatihah, di lanjutkan dengan membaca tasybih sebanyak lima belas kali (15 x)

(b) di waktu rukuk, i'tidaal, sujud pertama, duduk diantara dua sujud, sujud kedua, duduk istirohah, dan seusai bacaan tasyahhud, itu membaca tasybih sebanyak sepuluh kali (10 x)

(c) dalam satu rokaat, tasybih yang di baca adalah berjumlah tujuh puluh lima kali (75 x) jadi dalam dua rokaat berjumlah seratus lima puluh kali (150 x) dan dalam empat rokaat berjumlah tiga ratus kali (300 x)

catatan : duduk istirohah adalah duduk istirahat setelah sujud kedua sebelum berdiri untuk melakukan rokaat yang kedua dalam sholat dua rokaat. atau duduk istirahat setelah sujud kedua sebelum berdiri untuk melakukan rokaat yang ke empat dalam sholat empat rokaat.

Bacaan tasybih yang di baca yaitu " subhanallahi wa l hamdu li llah wa la ilaha illa llahu allahu akbar wa la haula wa la quwwata illa bi llahi l 'aliyyi l 'adhzim "

سبحان الله والحمد لله ولاإله الاالله الله اكبر ولاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم


setelah sholat empat rokaat tersebut kita berdoa dengan apa saja keinginan kita. ada banyak ulama yang mengamalkan sholat ini, ulama ulama tersebut menemukan perbedaan nya dalam 41 hari/malam, ulama ulama itu berkata bahwa jika istiqomah melakukan ini selama 41 hari (sesuai pengalaman mereka rasakan ) maka allah swt biasa nya akan memberikan ilmu yang banyak atau harta yang banyak. walaupun pengalaman ulama ini bukan hadits, akan tetapi kita tidak bijaksana jika sampai mendustakan ulama hanya karena menjelaskan sebuah pengalaman yang baik dan pantas di ketahui orang lain. tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Iklan