sholat traweh 8 rokaat lama. 20 rokaat tapi cepat. Lalu gimana?
.
.
.
Dari abi abdillah jabir ibni samuro as sawaati r.a. beliau berkata : aku sering bersholat bersama nabi saw , sholat beliau sedang sedang saja. khutbah (ceramah) nya juga sedang sedang saja “. shohih muslim riyadlus halaman 86
.
dari abi huroiroh r.a sesungguhnya rosulullah saw berkata : apabila salah satu dari kalian mengimami sholatnya manusia, maka ringankan lah (berjemaah nya) karena diantara mereka (para makmum pasti) ada yang lemah, ada yang sakit, dan ada yang jompo. Dan jika salah satu dari kalian bersholat sendirian suka suka dia mau memanjangkan nya kayak apa” shohih bukhori shohih muslim riyadlus sholihin halaman 129.
.
Dari abu qotadah alharits ibni rib’ey r.a beliau berkata : bersabda rosulullah saw “sesungguhnya aku berdiri untuk sholat dan aku berencana memanjangkan nya, akan tetapi aku mendengar tangis bayi, maka aku mempercepat sholatku karna aku takut memasyaqqotkan ibunya. shohih bukhori riyadlus sholihin halaman 130.
.
Dari abi mas’ud uqbah ibni amr albadri r.a beliau berkata : ada seseorang mendatangi rosulullah saw (mungkin mau minta maaf) dia berkata : sesungguhnya saya selalu datang terlambat dalam (berjemaah) sholat subuh karna si imam anu itu suka memanjangkan sholat nya ketika menjadi imam sholat kami” , maka aku (abi mas’ud uqbah) tak pernah melihat nabi saw marah dalam bermauidhoh yang lebih dasyat marah nya dari pada hari itu. seraya bersabda ” wahai manusia , sesungguh nya ada banyak orang dari kalian itu tukang bikin orang lari (dari melakukan ibadah) , maka siapapun dari kalian yang jadi imam sholat nya manusia maka percepatlah, karena makmum yang ada dibelakang nya itu ada yang sudah jompo, ada anak anak, dan ada yang punya keperluan ” shohih bukhori shohih muslim riyadlus sholihin halaman 312
.
ada lagi yang lain di kitab riyadlus sholihin ini dalam bab “jawaazu ttafakkuri fi ssholaati” terdapat suatu hadits tentang alasan lain kenapa nabi saw mempercepat sholat nya. silakan langsung di rujuk kitab nya.
.
jadi untuk memanjangkan sholat terdapat banyak syarat :
.
(1) sholat harus sendirian, kalau jadi imam lalu memanjangkan sholat maka hukum dasar nya tidak mengikuti sunnah 😀
.
(2) dalam fiqh imam syafie : wajib ada konfirmasi makmum dalam memanjangkan sholat berjemaah
.
(3) dst. 😀

KIRA KIRA MAU DAPAT MARAH NYA NABI NICH? 😀 😀 😀

Iklan