.
TUDUHAN SIHIR MEMBRUTAL KEPADA SEMUA PERKARA KHOWARIQUL ADAT
.
As salaamu ‘alaykum wr wb. bismillaah, alhamdu li llaah, as sholaatu was salaamu ‘alaa rosuuli llaah. ammaa ba’dah.
.
jaman sekarang sudah sering kita dengar dan kita baca dari media tv (rodja dan lain lain) radio (rojda dan lain lain) internet (blog dan forum dan group facebook, fanspage dan lain lain) bahwa perkara khowariqul adat selain dari para nabi (mu’jizat) khusus nya perkara khowariqul adat di tangan orang orang sholeh (karomah) itu di tuduh sihir. yaitu kekuatan/ kemampuan luar biasa lewat bantuan setan atau jin. seakan akan ini tak mungkin (bukan perkara jaiz) kecuali lewat sihir. ini sama saja dengan meng-ikroh yakni memaksa yakni membatasi kehendak dan kemampuan allah s.w.t yang bisa saja allah kehendaki. ini di ketahui ketika mereka mengatakan bahwa tidak bisa atau tidak mungkin manusia dapat melalukan perkara khowariqul adat kecuali dengan sihir atau dengan bantuan iblis dan itu musyrik. padahal allah tak pernah mengatakan demikian dalam qur-an atau hadits qudsi atau dalam hadits.
.
tuduhan ini sebenarnya bukan hanya di zaman sekarang tapi sudah biasa dari jaman dahulu dari orang orang kafir seperti firman allah dalam surat alhijr ayat 14 ” ❤ dan andai saja kami bukakan kepada mereka pintu langit kemudian mereka berlalu langgang di dalam nya, pastilah mereka berkata "(ini) hanya (sihir) yang menyihir mata kami, bahkan kami telah terkena sihir ❤ "
.

ولو فتحنا عليهم بابا من السمآء فظلوا فيه يعروجون لقالوا إنما سكرت أبصارنا بل نحن قوم مسحورون

.
itu akibat dari kebodohan sehingga menyama ratakan semua perkara khowariqul adat kepada sihir. dan juga timbul karena iri hati seperti iri nya orang yahudi kepada nabi muhammad saw karna nabi muhammadlah yang di pilih allah dan di berikan nubuwah /kenabian bukan dari golongan yahudi "ataukah mereka iri dengki pada manusia (muhammad) karena apa yang telah allah berikan kepadanya dari kemurahan kemurahan nya? (an nisa' ayat 54)
.

ام يحسدون الناس على ما آتاهم الله من فضله

.
padahal allah s.w.t sama sama mengakui adanya (khowariqul adat) dan mengakui perbedaan nya. mana yang hak mana yang bathil.
.
(1) allah mengakui santet, hipnotis dalam kisah malaikat harut dan marut. dalam Surat albaqoroh ayat 102
.
(2) allah mengakui sihir, sulap dalam kisah nabi musa. dalam banyak surat.
.
(3) allah mengakui kekuatan jin mukmin dari umat nabi sulaiman. jin ini adalah jin bukan nabi dari rakyat nabi sulaiman. Tetapi beliau diakui oleh allah swt bahwa beliau punya kekuatan khowariqul adat yang bukan sihir ataupun santet. disini allah tidak mencela nya. dalam surat annaml
.
(4) allah mengakui kekuatan manusia sholeh bukan nabi yang juga dari rakyat nabi sulaiman. yang dalam sekedip mata beliau kuasa mendatangkan singgasana ratu bulqis. disini allah memuji nya yakni bagian dari pengagungan allah terhadap keagungan nabi sulaiman dalam mengisahkan nya tersebut. tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa hal ini hanya khusus umat terdahulu sebab hal ini bukan syariat ibadah yang bisa saja syariatnya di ubah ubah. akan tetapi hal ini adalah dalam ranah sifat kuasa dan kehendak allah swt.
.

قال يآايها الملؤا أيكم يأتيني بعرشها قبل أن يأتوني مسلمين قال عفريت من الجن انا ءآتيك به قبل أنقوم من مقامك وإني عليه لقوي أمين وقال الذي عنده علم من الكتاب انا ءآتيك به قبل ان يرتد إليك طرفك الأية

.
Dengan mengetahui semua pengakuan pengakuan allah ini, adalah tidak bijaksana jika semua perkara khowariqul adat di tuduhkan pada sihir.
.
Semua nya adalah perkara khowariqul adat. ketika itu dari allah untuk para nabi di sebut mukjizat dan ketika ada di tangan para sholihin (manusia atau jin) di sebut karomah. dan ketika ditangan orang kafir di sebut istidroj.
.
perlu di ketahui bahwa semua perkara itu ada tiga macam. pertama, perkara wajib yakni perkara yang mustahil tiada nya. /tidak mungkin tidak ada yaitu tuhan /allah.
.
Kedua perkara mustahil yakni perkara yang mustahil ada nya. seperti adanya tuhan yang berhitungan, manusia menjadi tuhan, dan seterusnya.
.
ketiga, Perkara jaiz yakni perkara yang mumkin ada nya. Seperti makhluk, seperti alam ini (termasuk juga perkara khowariqul adat) tidak wajib ada dan juga tidak mustahil adanya. Akan tetapi cuma mumkin ada nya setelah di kehendaki adanya oleh sang kholiq
.
ketika segala sesuatu yang jaiz itu di hubungkan kepada sifat kekuasaan allah, maka yang hal biasa yang masuk akal atau tidak, atau hal yang tidak biasa,baik yang tidak masuk akal atau tidak, semua nya sama saja. Tidak ada yang sulit. sebagaimana pengakuan allah dalam alqur-an bahwa penciptaan langit tidak lebih sulit dari penciptaan sesuatu yang kita anggap kecil. karena pekerjaan allah ketika menghendaki sesuatu itu hanya dengan "kun". begitu juga dalam penciptaan perkara yang mu'tad (hal yang biasa atau masuk akal) dan yang khowariqul adat (yang luar biasa atau tidak masuk akal) itu sama sama hanya dengan "kun" . kita sebagai hamba allah takkan pernah berani mengatakan bahwa allah tidak kuasa dan tidak berkehendak kepada apa apa yang jaiz allah kehendaki.
.
dan ketika perkara khowariqul adat ini termasuk perkara jaiz maka setiap perkara jaiz itu boleh dilakukan oleh allah dan juga boleh ditinggalkan sesuai kehendaknya.
.
Allah tidak pernah mengatakan bahwa allah tidak akan menguasakan perkara khowariqul adat pada selain nabi dan juga tidak pernah mengatakan bahwa perkara khowariqul adat pada selain nabi itu wajib menggunakan sihir dan tidak pernah pula mengatakan tidak mumkin. bahkan allah menjaizkan /memungkinkan terjadinya perkara khowariqul adat dengan (lewat) alqur-an dalam firman nya surat arro'du ayat 31 " ❤ dan seumpama al qur-an di jalankan (di pindah pindah) dengan nya gunung gunung atau di putus (di jadikan potongan potongan) dengan nya bumi atau di ajak bicara dengan nya orang orang mati, (maka orang orang yahudi itu tetap tidak akan percaya pada nya) bahkan milik allahlah urusan itu seluruh nya <3"
.

لو أن قرآنا سيرت به الجبال أوقطعت به الأرض أوكلم به الموتي بل لله الأمر جميعا

.
.
imam an nawawi rohimahullahu ta'ala dalam salah satu kitab hadits shohih beliau riyadlus sholihin meletakkan bab khusus riwayat riwayat shohih tentang karomah karomah para auliya'
.
Mengenai masalah karomah dan kepercayaan adanya karomah sebenarnya sudah sejak jaman dahulu kala di zaman para imam imam mujtahid telah membahas ini. mereka semua sepakat dan percaya adanya karomah. dan mereka semua tidak membedakan karomah dari doa amalan atau dzikir atau yang datang sendiri tampa doa amalan. Mereka menyimpulkan bahwa khowariqul adat itu ada tiga. 1 mukjizat jika di tangan para nabi. 2 karomah/ maunah jika di tangan para sholihin dan orang mukmin. 3 istidroj jika di tangan orang kafir dan orang munafik (seperti kekuatan milik dajjal. kekuatan dajjal ini bukan dari amalan sihir/ mempelajari sihir).
.
selain allah swt telah mengakui ada nya perkara khowariqul adat di tangan selain nabi, nabi muhammad saw juga mengakui adanya karomah dan juga khowariqul adatnya dajjal.
.
adapun karomah karomah yang di akui nabi saw diantara nya :
.
(1) juroij yang bisa menjadikan anak bayi berbicara. dari umat terdahulu.
.
(2) anak bayi yang berbicara dengan ibu yang menyusui nya. dari umat terdahulu.
.
(3) tiga orang keluar dari pintu goa batu. dari umat terdahulu.
.
(4) sahabat yang di datangi "as sakinah" /sakiinatul ubbad/ perkara penentram hati buat ahli ibadah/ berupa hujan di musim kemarau oleh karna ibadah (mengaji surat alkahfi). as sakiinah dalam bahasa nabi saw dan karomah dalam istilah para ulama. dari umat muhammad.
.
(5) sahabat yang terpenjara dan terbunuh dan kebal senjata tajam setelah meninggalnya. sebelum nya beliau diakui penjaga penjara (orang yahudi) bahwa beliau punya karomah yaitu beliau selalu terlihat memakan kurma di dalam penjara padahal di arab saat itu tidak ada kurma. dari umat muhammad
.
(6) doa mustajab nya sahabat sa'd ra yang sangat tampak dimata. dari umat muhammad
.
(7) sahabat yang terbunuh dan setelah terbunuh jasadnya terbang ke langit. dari umat muhammad
.
(8) firasat sahabat umar r.a nabi saw memasukkan nya kedalam golongan hamba allah yang muhaddatsin /mulhamun. dari umat muhammad
.
(9) seseorang yang kebal dari umat akhir zaman dimasa dajjal. dan mengetahui bahwa dajjal tidak akan punya kuasa lagi setelah menghidupkan orang mati setelah membunuhnya.
.
(10) sabda nabi saw tentang banyak diantara umatnya yang miskin berpakaian compang camping dan kotor serta kasar penampilan nya jika berdoa atau berharap pada allah swt seketika itu juga allah menampakkan apa yang mereka doakan atau harapkan. dari umat muhammad.
.
(11) tiga orang dari umat terdahulu yang langsung di datangi malaikat terang terangan. tiga orang ini ada yang miskin, ada yang buta, dan yang gak punya rambut. yang kemudian diberi beberapa keajaiban.
.
(12) siti maryam yang selalu di datangi makanan makanan surga ditempat ibadahnya. walaupun ulama aswaja ikhtilaf dalam kenabian siti maryam, akan tetapi jelas kaum wahhabi tidak memasukkan nya kepada para nabi.
.
(13) nabi khidir guru nya nabi musa as. Ulama aswaja juga ikhtilaf dalam kenabian nya. Ada juga yang mengatakan beliau bukan nabi tapi hanya orang sholeh. Kisahnya hebatnya begitu gamblang di dalam alqur-an dan hadits.
.
(14) dan lain lain nya. yang sebelas macam diatas hanya sebatas yang saya tau dari kitab hadits shohih yang kecil saja yaitu susunan al imam an nawawi yaitu kitab riyadlus sholihin dalam bab karomatul auliya' dan pada bab lain, belum lagi pada kitab kitab hadits lain nya yang segudang itu. silakan cek sendiri langsung.
.
oleh karena itu sangat penting dalam berbicara tentang sesuatu dalam agama ini untuk belajar dan belajar. agar tidak salah jika menyimpulkan sesuatu.
.
sebelum kaum aswaja menjelaskan dalil dalil akan jaiz nya perkara khowariqul adat ditangan orang mukmin selain mereka itu secara mutlak memustahilkan nya. bahkan di tuduhkan sebagai perkara murtad dan musyrik. ini di ketahui dari perkataan mereka bahwa para sahabat dan para imam itu tidak kebal dan tidak punya kekuatan kekuatan.
.
dan setelah mereka yakin adanya karomah yakni khowariqul adat pada tangan selain nabi itu benar jaiz dan benar terjadi, lalu langkah ketiga kalinya mereka mengatakan bahwa "karomah itu murni pemberian tuhan bukan di pelajari dan di amalkan atau di doakan kemudian didapat. jika dengan demikian maka itu pasti sihir".
.
sebenarnya apa yang mereka katakan itu tidak pernah ada asal nya dari dalil ayat atau hadits atau atsar ataupun keterangan ulama. tidak akan pernah ditemukan bahwa ayat, hadits, atsar atau qoul ulama yang mengatakan demikian. itu hanya menurut akal mereka saja demi menolak karomah sebagai kekuatan allah untuk meninggikan nama allah. itu timbul dari kebodohan dan rasa iri tentu nya.
.
dan langkah ke empat dari mereka, mereka akan mengatakan bahwa hal ini tidak pernah nabi saw tidak pernah mengajarkan ataupun memerintahkan untuk berdoa atau untuk melakukan amalan tertentu agar mendapat karomah. (padahal jawaban nya sudah bisa di tangkap dari artikel ini) Itu adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat dan setiap kesesatan adalah neraka. 😀 😀 😀
.
curhat saya :
.
menurut saya pribadi yang di maksud mempelajari amalan amalan dan doa doa yang dapat membawa pengamalnya kepada mendapatkan karomah, itu adalah sebatas informasi pengalaman orang sholeh saja kepada orang bertanya kemudian orang sholeh itu menceritakan bagaimana dan dalam rangka apa dia kebetulan di beri karomah bahwa biasa nya saya kalau melakukan ini di tempat ini sebanyak ini dalam waktu ini, pengalaman saya itu mendapat ini. dst. lalu orang yang bertanya itu mencatat dan membukukan nya. kemudian di amalkan dan di ceritakan juga pada orang lain. atau ada dari orang sholeh yang mustajabah doa nya yang berdoa kepada allah swt untuk orang yang melakukan ini agar di berikan ini dan seterusnya. kemudian allah mengistijabah doanya. kemudian hal ini juga di informasikan pada orang lain.

hadits shohih nabi saw "taqwalah kepada allah dan istiqomahlah"
.

إتق الله ثم استقم

.
oleh karena dzikir dan doa adalah salah satu bentuk taqwa pada allah dimana salah satu bentu taqwa itu di tuntut untuk di istiqomahkan, maka hadits ini juga boleh jadi tendensi nya setelah mengetahui hadits shohih yang menganjurkan agar dawam berdoa/ berdzikir disetiap malam dengan harapan berketepatan pada waktu istijabah karna setiap malam ada satu saat dimana kalau kita berdoa atau berdzikir pas berketepatan dengan saat itu maka 100% akan di ijabah. (dua hadits shohih ini juga tercatat dalam riyadlus sholihin)
.
sekian. mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. was salaamu 'alaykum wr wb.
.
malam rabu 20 romadlon 2015
(mohon kesudian nya untuk turut mengoreksi artikel ini)
.

Iklan